Laman

Senin, 18 Februari 2019

Cara Reset Database di Borneo POS

Setelah kita melakukan Backup Database, barulah kita akan mencoba untuk melakukan Reset Database. Hal ini dilakukan agar supaya data kita tidak hilang jika sewaktu-waktu kita membutuhkan data tersebut.

Reset Database berarti menghapus isi database. Disini ada 2 pilihan, yaitu Reset Data Transaksi saja atau Reset Data Seluruhnya. Nanti kita akan jelaskan masing-masing fungsinya. Untuk itu silahkan pilih menu Control Panel lalu pilih menu Reset Database.


Kemudian akan muncul form berikut:


Pada menu Reset Database, terdapat 2 opsi atau pilihan apakah ingin menghapus seluruh isi database atau hanya menghapus isi data transaksi saja. 

Jika anda memilih Hapus Seluruh Database, maka seluruh data akan hilang. Termasuk di dalamnya Data User atau Pengguna, Data Produk, Data Kategori Produk, Data Satuan, Dan sebagainya.

Jika anda memilih Hapus Data Transaksi Saja, maka yang akan dihapus atau hilang hanya Data Transaksi saja. Baik itu transaksi penjualan maupun transaksi pembelian.

Sebaiknya untuk mengetahui fungsi masing-masing, kita mulai dari menghapus Data Transaksi saja dahulu. Karena jika kita langsung menghapus seluruh database, maka kita akan melakukan proses login dari awal dan membuat user. 

Sebelum kita Reset Data Transaksi, sebaiknya saya capture dahulu data transaksi agar supaya kita tahu seperti apa bentuk data transaksi sebelum dan sesudah di reset. Klik tombol Batal pada menu Reset Database.

Kemudian kita buka menu Laporan lalu pilih menu Daftar Produk.


Maka kita bisa lihat pada gambar di bawah seluruh Data Produk yang ada pada software ini.

Klik pada gambar untuk memperbesar.
Kita akan capture beberapa form untuk melihat fungsi dari Reset Data Transaksi Saja. Di atas adalah Daftar Data Produk dan kita akan lanjutkan ke menu Daftar Data Stok Produk.

Klik gambar untuk memperbesar.

Kemudian kita bisa lihat menu Daftar Harga Beli Produk.

Klik gambar untuk memperbesar.

Silahkan klik menu lainnya untuk melihat nanti data mana saja yang hilang ketika kita menghapus Data Transaksi.

Jika sudah, maka anda bisa melakukan proses menghapus data transaksi, kemudian anda lihat bagian mana saja yang hilang datanya. Jika ingin mengembalikan data, silahkan pilih menu Restore Database.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar