Laman

Minggu, 17 Februari 2019

Cara Backup Database di Borneo POS

Sebelum melakukan reset database, ada baiknya kita melakukan backup database terlebih dahulu. Jika data anda penting dan bukan merupakan hasil input data yang asal-asalan.

Kadang kala kita jika hanya dalam tahap ujicoba, maka kita hanya akan memasukkan data secara asal-asalan atau sembarangan. Itu tidak apa-apa dan wajar saja dalam hal melakukan ujicoba. Kita bisa melakukan itu juga untuk mencari apakah masih ada error atau bug di dalam sebuah sistem yang sedang kita uji coba.

Baiklah, berikut adalah cara untuk melakukan Backup Database. Pertama-tama pilih menu Control Panel, lalu pilih Backup Database.




Kemudian akan muncul form Backup Database seperti pada gambar berikut:


Klik tombol Backup ke... lalu pilih lokasi Drive dan Folder untuk tempat backup anda. Anda juga bisa membuat folder baru. Contohnya kali ini saya membuat folder Backup Data di Drive D.


Lalu klik tombol Open. Kemudian beri nama file backup tersebut. Kali ini saya memberi nama filenya seperti berikut:


Klik tombol Save. Muncul pesan berikut jika berhasil:


Klik tombol OK. Maka file backup akan tertulis seperti berikut:


Klik tombol Keluar. Anda sudah berhasil melakukan proses Backup Database.

Demikian proses melakukan Backup Database. Proses Backup bisa digunakan untuk membuat backup data jika dikhawatirkan hardisk rusak atau data rusak karena sebab lain. Sebaiknya anda membuat CD Backup atau membackup data tersebut ke media eksternal seperti Flash Disk atau Hardisk Eksternal atau CD/DVD.

Jika anda ingin melakukan proses Reset Database, anda bisa membaca tutorial Cara Reset Database di Borneo POS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar