Laman

Debugger

Saya baru tahu ada profesi ini dari seorang kawan. Maksudnya mungkin bukan profesi tapi suatu jabatan atau posisi di sebuah software developer. Ya. Saya tidak pernah bekerja di perusahaan software developer. Jadi segala pengetahuan saya tentang software developer adalah dari kawan-kawan sesama programmer.

Debugger adalah posisi dimana seseorang atau suatu tim, bertugas untuk mencari tahu apa sebab sebuah software mengalami masalah atau error. Misalkan ketika dibuat software tersebut sudah bebas error. Tapi ketika di install di pc client, software tersebut tidak bisa jalan karena berbagai sebab.

Seharusnya ini adalah tugas dari software tester. Tapi sepertinya software tester hanya bertugas untuk menguji software tersebut apakah bisa di install atau tidak. Kemudian mencari errornya. Tapi ketika error itu muncul, software tester tidak bertugas untuk memperbaikinya. Dia hanya melapor ke programmer, dan ketika programmer juga tidak tahu cara menyelesaikan masalahnya maka ini menjadi tugas seorang "Debugger".

Artinya posisi debugger lebih tinggi dari programmer karena dia jelas lebih senior dari programmer. Belum lagi jika ada posisi programmer junior dan programmer senior. Debugger mungkin ada ditengahnya. Programmer senior seharusnya tidak memiliki masalah dengan software apapun dan bug apapun. Mungkin diluar masalah jaringan dan sistem sekuriti yang biasanya dikuasai oleh tehnikal support senior.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar